REVIEW SHORT FILM BTS "WINGS" 1-7

 Image result for bts wings 7




Teori?? Review?
ah.. gue nggak yakin ini disbut teori apa bukan karna ini yang nyiptain teorinya ARMY dan ini panjang.. sumveeh ._.v

ARMY cocok banget jadi detektif ya kalo kyk begini, semua ini karna BigHit, iyaaa BigHit -___-
kenapa bang PD mendadak jadi vangsat ? :'v
Teori yang sebelum-sebelumnya aja nggak pecah-pecah, ini mau comeback dijejelin teori lagi setagaaaaah
Gue tau ada yang teori yang berbeda pastinya dari teori yang gue dapet dari beberapa sumber, gue juga punya pemikiran yang sama dengan teori ini jadinya gue share ke kalian. Sumber ini gue dapet dari Line (TAEHYUNG BASE)
kalopun kalian punya teori lain, silahkan share di kolom komentar ya chinguu^^

Nahh kita mulai yaa
ah iya, sebaiknya kalian liet dulu Short Filmnya ya

Short Film BTS ini dari buku yang berjudul "DEMIAN" karyanya Herman Hess penulis berkebangsaan Jerman abad 19. Kalian pasti tau dong kalo setiap MV Short Film ini saling berhubungan satu sama lain. Nggak hanya sesama Short Film berhubungannya, tapi berhubungan juga sama MV-MV BTS sebelumnya seperti di album HYYH bahkan mv Danger juga /kan kamvret BigHit bisa buat saling berhubungan gini njirr :'v/

Buku ini menceritakan perjalanan tokoh protagonis yaitu Emil Sinclair. Seorang anak laki-laki lemah yang frustasi karena merasa hidupnya berada di dunia kegelapan, berbeda dari keluarganya yang dia rasa hidup di dunia yang terang. Nah hal ini membuat dia ingin menemukan dunia dimana harusnya dia berada. Dalam perjalanannya mencari jati dirinya, Sinclair bertemu dengan Demian yang membantunya untuk menemukan jati diri dan tujuan hidupnya.

1. SHORT FILM #1 BEGIN
Short film pertama BEGIN dibintangin sama maknae kita Jungkook
Berawal dari narasi yang dibacain Rapmon
"Alam siang dan malam
dua dunia yang berbeda yang berasal dari dua kutub yang berlawanan
berbaur selama ini"


Adegan awal disini Jungkook yang tidur dan bermimpi piano yang kebakar
 Itu bukannya piano yang di MV Danger kan ya? inget kan?
Jungkook tiba-tiba kebangun dari tidurnya karna dia mimpi denger suara pecahan kaca 
Pecahan kaca itu ada yang bilang dari suara pecahan kaca yang Suga lempar pake kursi di MV RUN
Ada juga yang bilang suara pecahan kaca karna mobil yang menabrak Jungkook di MV I Need U 
Dipecahan kaca itupun sekilas udah ada gambar burung

dan narasi kembali
"Karena fajar tepat sebelum matahari terbit adalah bagian yang tergelap"
Jungkook megang foto yang keliatannya itu foto Suga, kenapa Suga? karna dari MV I Need U Jungkook ini selalu berhubungan sama Suga

Tiba-tiba kasur Jungkook ditarik di kegelapan dan diganti sama lukisan.
Ceritanya Sinclair mencoba melukis cinta pertamanya yaitu Beatrice. Tapi lukisannya justru terlihat seperti gabungan wajahnya dengan Demian.
Adegan ini sama dengan adegan Jungkook yang sedang melihat lukisan. Amati baik-baik, lukisan itu gabungan wajah dari Suga dan Jungkook, walaupun ada yang bilang itu Taehyung sama Jungkook. dan opini gue diperkuat karna Jungkook-Suga selalu berpasangan di I Need U sampe RUN. Ini menandakan salah satu dari mereka berdua berperan sebagai Siclair dan satunya adalah Demian.
Image result for jungkook i need u Image result for suga run mv

serem njir :v kenapa jadi horror
Jungkook kaget ngeliet lukisannya rusak, dan dia nangis di menit 1:46 dia manggil "Hyung" hyung mana yang dia panggil? Suga kah?

Jungkook ngeliet gambar burung yang dia pegang dan dimasukkan ke dalam amplop.
 Jungkook ngeliet bayangannya sendiri yang memiliki sayap burung. Hal ini mengingatkan pada tokoh Abraxas yang divisualisasikan sebagai burung di buku Demian. Konon, Abraxas ini disebut penyihir pada jamannya karna satu-satunya yang mengakui dunia gelap dan dunia terang. Dan pada kepercayaan Mesir Kuno, Abraxas merupakan simbol kehancuran. So? Jungkook tau kalo hyung-hyungnya ada masalah? Dia tau hyung-hyungnya bakal hancur? dia tau lewat mimpi itu? /ah molla :v/




 
2. SHORT FILM #2 LIE (JIMIN)
Narasi Rapmon
"Rumah orang tua ku berada disuatu wilayah
Hal ini membuatku dekat hampir setiap jalan 

Ibu dan Ayah, cinta dan ketegasan, model perilaku dan sekolah"
  Cerita dalam buku DEMIAN, Sinclair yang masih berumur 10 tahun berbohong telah mencuri sebuah apel agar terlihat keren dan dapat diterima teman-temannya. Sialnya kebohongan malah berujung diperas oleh bos geng bernama Franz Kromer dan ia tak berdaya mengikuti semua keinginannya agar perbuatannya tidak dilaporkan pada keluarganya atau polisi. Disaat inilah pertama kalinya Sinclair bertemu dengan Demian yang membantu keluar dari perbudakan Kromer.

Di awal adegan Jimin dihadapin sama kamera yang nyorot dirinya
 Dia awalnya tersenyum
 lalu tiba-tiba menunduk seperti menyesal. Jimin tersenyum ke arah kamera yang membuktikan jika ia tertekan dan ingin merekam dirinya sebagai saat-saat terakhirnya dengan Jhope
 Kalo kata gue ini ya, dia kan berperan sebagai Sinclair kecil disini, jadi kayak kamera itu tau kebohongannya. Jadi yang awalnya di tersenyum tiba-tiba dia nunduk dan murung

Adegan dibawah ini Jimin ada diruangan serba putih duduk di kasur yang sebelahnya kosong. Dia nengok ke sebalah merasa kehilangan. Kalian pasti inget dong Jimin sama Jhope itu berpasangan di MV RUN. Jadi disini Jimin kyk keinget sama Jhope pas mereka ada dirumah sakit bareng
Apa gue bilang, obat ini pasti ada hubungannya sama Jhope :v

Jimin kyk berusaha nggapai Jhope tapi udah nggak bisa lagi


Kalian tau apa arti plang ini? Di Korea Selatan plang ini menunjukkan tempat bertumbuhnya bunga-bunga Lily. Bunga Lily memiliki arti kemurnian, ketulusan, pengabaian dan persahabatan.

 Jimin sedang berhalusinasi bercanda sama Jhope persis di MV RUN

Disini ada cuplikan Jimin nyanyi  yang artinya
"Terperangkap dalam kebohongan
menemukan kembali kejujuranku
Aku tidak bisa keluar dari kebohongan ini 
berikan kembali senyumku 
Terperangkap dalam kebohongan
Selamatkanku dari neraka ini
Aku tidak bisa keluar dari kekacauan ini 
Selamatkan aku yang sedang dihukum"

 Jimin bangun dan berasa itu cuma mimpi
Entah kenapa Jimin selalu berakhir di air XD
"Hentikan aku, bimbing aku, biarkan aku bernapas" - RUN Lyrics


Jimin makan apelnya sesuai sama buku Demian agar ia terlihat keren /emang keren bantet satu ini :')/

 Tapi nggak tau kenapa dia nggak senyum sama sekali . Mungkin Jhope salah satu alasan dia nggak bisa senyum lagi, bahkan dia bilang "Kembalikan senyumku"
/kok gue agak sedih ya :'v/
"Aku terjebak dalam diriku dan aku sudah mati" - SAVE ME Lyrics


Jimin muter arah kamera ke lukisan pemandangan. Entah kenapa gue ngerasa Jimin nganggep kamera itu Jhope ya :'v


3. SHORT FILM #3 STIGMA (TAEHYUNG)
Lagi-lagi Rapmon berbicara :v
"Itu fisura pertama yang ada di kolom
yang telah ditegakkan di masa kecilku 

setiap individu
harus menghancurkan sebelum dia bisa menjadi dirinya sendiri
fissure dan sewa seperti tumbuh bersama lagi
menyembuhkan dan dilupakan

 tapi di relung yang paling rahasia
mereka terus hidup dan berdarah"

 /kalimat tingkat tinggi :v aku lelah maz :')/


Di awalin sama V yang lagi ngotak-ngatik /?
 entah kenapa liet adegan ini gue berpikiran ini berhubungan sama Namjoon nantinya :v
Inget di MV RUN? mereka juga ditempat yang sama kan?
DIsini V ketangkep lagi sama polisi karna udah nyoret-nyoret sembarangan
dan.... gosshhhh!! smirk nya!! kyaaaa!!!!!!

Waktu di introgasi sama polisi
Polisi : Nama?
V : Kim Taehyung
Polisi : Umur?
V : 21
Polisi : Orang tua?
V : Aku tidak memilkinya


Tiba-tibadia lari di kegelapan, dia nggak bisa nemuin siapa-siapa disana, V frustasi dan linglung.
Dia kyk di gebukin gitu sama kenyataan karna dia udah bunuh ayahnya sendiri
Pas dia ngeliet seekor anjing dia terlihat senang padahal dia lagi sedih karna nggak ada yang bisa bantu dia
Penjara tiba-tiba turun dari atas buat menjarain V dan anjing itu keluar . V kembali sedih

Seolah flashback...
Sebelum V membunuh ayahnya
/mbak.. enak ya dipeluk gitu :""""")/

 V yang frustasi karna kakaknya sering di siksa sama ayahnya, dia pergi ke suatu tempat buat nenangin diri dan motong rambutnya
MV Danger
 Dia balik lagi dan bawa sebotol minuman yang udah dia pecah

di MV Prologue V megang foto Ibu yang lagi mangku anaknya
Disini kyk ngasih tau kalo V rindu sama ibunya
Dan disini juga terlihat foto bayangan Ibu yang lagi mangku anaknya

V bilang dalem hati pas di introgasi "Mengapa kau melakukan ini padaku?" kira-kira 'dia' siapa yang di maksud V?
(whalien 52)
there are only different whales speaking entirely different words
 Disini ada cuplikan lirik dari V
"Maafkan aku, aku minta maaf, aku minta maaf saudaraku
bahkan jika aku menyembunyikannya, bahkan jika aku menyamarkannya, ia tidak akan terhapus 

menangis, keringkan air mataku
cahaya
tolong pertanggung jawabkan kejahatanku
lebih dalam
muram
aku merasa seperti aku akan mati
tolong hukum aku
maafkan kejahatanku

ku mohon"
 /njirrr liriknya dalem banget :"v abis kata-kata gue/

V minta sama polisinya "tolong berikan aku satu telepon saja"
siapa yang dia telepon? V nelpon Namjoon disini
Penjelasan abal-abal:
Di movie ini V tertangkap polisi dan saat di introgasi di mengaku nggak punya orang tua. Flashback ke INU sesaat dia membunuh ayahnya lalu menelpon seseorang yaitu Rapmon. lalu di adegan RUN dimana V dan Rapmon lari dari kejaran polisi tapi akhirnya mereka tertangkap.
Liet pict ini :

Disitu ada tulisan "ABRA WAS HERE". Abra artinya ABRAXAS. Berarti selain Sinclair dan Demian tokoh ABraxas akan menjadiperan penting jugs di alur film ini.
V disini berperan sebagai Sinclair yang berusaha menghubungi Demian (Rapmon). Namun V terlihat frustasi karena tidak bisa menghubungi Rapmon. Dia ingin meminta bantuan ke Rapmon namun Rapmon tidak ada untuknya.
Nanti dijelasin lagi ya di Short Filmnya Namjoon^^

4. SHORT FILM #4 FIRST LOVE (SUGA)
Nggak tau kenapa ini kampret banget!:v
Gue udah nunggu-nunggu dan nebak Short film ini yang terakhir 
ternyata bukan!
Narasi Rapmon is back...
"Ada banyak cara di mana Tuhan dapat membuat kita kesepian
dan membawa kita kembali ke diri kita sendiri
ini adalah caraNya berurusan denganku pada waktu itu"


Dari Short Film 1-4 Rapmon selalu menjadi narator, seolah-olah dia tau semua cerita ini. Kalopun karna Inggrisnya yang bagus kyknya itu kurang logis buat dijadiin alasan. 
Dan semua pasti ngira Short Film yang ke 4 tentang Jin sebagai kunci semuanya karena hanya  ada 4 lambang yang berarti hanya ada 4 Film dan ternyata kita SALAH!
Ini belum berakhir, BigHIt nggak semudah itu ngelepasin teorinya wkwk
Short Film ini diluar dugaan gue banget karna yang keluar disini Suga

Diawalin sama Suga yang berdiri didepan toko piano/?
 Dan mecahin kaca pintunya /bad boynya dapet :'v/
 stop! liet gambar yang ada dikaca
seketika gue "Bultaorene" wkwk itu bukannya jabatan tangan yang persis Suga lakuin di MV FIRE?
DAMN Big Hit!!

Suga duduk ddepan piano dan mainin sebentar, yang gue denger dia mainin musik yang persis sama siulan di #1BEGIN
 Tiba-tiba dia terdiam
Suga bangkit karena denger suara siulan dan dia berusaha buat nyari sumber suara itu /.njerr merinding gue/

 Dia nyari sampe ke pinggir empang eh jalan dan yang dia temuin suma kegelapan yang ada di sekitarnya
 Yang ada malah Suga hampir ditabrak sama mobil disini
 Dan Suga berhasil menghindar
Gansssss bangettt aduuuuuhhh

"akankah aku berubah? jika aku memilih jalan yang berbeda? jika aku berhenti dan melihat ke belakang?"




Di menit 1:46 mobil itu terdengar menabrak sebuah kaca dan ada darah yang ada dijalan itu. Darah siapa? Suga nggak ketabrak kan? apa itu darah Jungkook? Di INU Jungkook yang ketabrak mobil kan?
dan dimenit yang sama juga di BEGIN, Jungkook teriak "Hyung" ada apa ini?
Dia langsung lari balik lagi kebelakang



 Dia kembali ketempat yang tadi dan ngeliet mobilnya udah nabrak tempat piano dan terbakar
 Suara siulan itu kembali terdengar





 Gue pernah baca nggak tau dimana gue lupa, siulan itu katanya siulannya Kromer (bos geng) yang setiap dateng nyariin Sinclair dia selalu bersiul memanggil Sinclair untuk diperbudak :'( /horror/

Lambang WINGS juga berubah disini, seharusnya film ini berada dibulatan ke 4 atau berpasangan di bulatan pertama punya Jungkook. Tapi kenapa malah gabung ke tempat Jimin? /Yoonmin feels wkwk :'v/ FIRST LOVE+LIE= FIRST LOVE IS A LIE
Ternyata alur di Short Film ini maju mundur chinguu..  jangan bingung ya.. pahami baik-baik
FIRST LOVE IS A LIE. masih inget sama lukisan Jungkook di BEGIN? disiu diperumpamakan dalam buku Demian adalah lukian Beatrice, cinta pertamanya Sinclair. Ternyata Beatrice itu nggak nyata. Sehingga lukisan di Short Film 1 berubah menjadi wajah Jungkook-Suga bukan wajah Beatrice.



 5. SHORT FILM #5 REFLECTION (RAP MONSTER)
 Narasi
"alam lain, bagaimanapun, tumpang tindih setengah rumah kami benar-benar berbeda
campuran keras menghebohkan, menarik, menakutkan, hal misterius, termasuk pemotongan hewan, dan penjara, pemabuk, dan melengking fishwives, kuda tenggelam ke kematian mereka, cerita atau perampokan, pembunuhan, dan bunuh diri."

  
Bukannya itu amplop yang dipegang Jungkook di BEGIN?
 
 Rapmon mentato dirinya sendiri persis apa yang dia lakuin seperti di MV Danger
 Rapmon membakar foto burungnya
 dan dimasukkin ke dalem air

 diminum? oke tserah leader :'V
 Rapmon mendadak pingsan

No More Dream-Apa yang kau lihat sekarang dicermin?

Rapmon bangun dan melihat tulisan itu. Tulisan sama yang ada di Prologue "Kau harus bertahan hidup"

Rapmon ngeliet pantulan dirinya dikaca
Dimenit yang sama juga 1:46 Rapmon menutup telinga, padahal di menit itu #1 BEGIN Jungkook teriak manggil "Hyung"
 Kenapa diselipin kembang api njer?:vgue anggep kembang api ini ngingetin pas di MV INU mereka main kembang api bareng ber7

Rapmon membuka telinanya, seketika suara deringan telepon buat dia rela lari
 Sesampenya di tempat, ternyata tempat teleponnya ditutup bahkan dirantai, sehingga Rapmon nggak bisa angkat telepon itu. Ngomong-ngomong masalah telepon, ini berhubungan sama V kan? dimana V pengen nelpon seseorang buat dimintain  tolong dan dia nelpon Namjoon. Tapi Namjoon nggak bisa nolong bahkan nggak bisa nagkat teleponnya. Dia mmerasa nyesel banget, ngerasa bersalah banget sama V.

"Aku berharap aku bisa mencintai diriku sendiri" Dia merasa nyesel banget, ngerasa bersalah banget sama V. Secara mereka selalu bareng dari MV I Need U. Tapi dia nggak bisa bantu pas V lagi butuh dia, sehingga di samping tempat teleponnya ada tulisan "LIAR" yang artinya pembohong :'))


6. SHORT FILM #6 MAMA (JHOPE)

Narasi Rapmon
"dengan wajah yang menyerupai anaknya, abadi, awet muda, dan penuh kekuatan batin
wanita cantik tersenyum dengan penuh martabat
tatapannya adalah pemenuhan, dia menyapa sangat ramah
diam-diam, aku mengulurkan tangan kepadanya"


Di awali sama Jhope yang berada diruang serba putih
 Dia tiba-tiba bangun
 dan dikasih obat pil  banyaaaak banget dari smaping
 dan dia minum obatnya

Kalian pasti tau kenapa Jhope begini, iyaaa karna di MV I Need U dia pingsan gara-gara overdosis obat, dan dia sekarang disini, tempat yang asing bahkan terpisah sama Jimin
 Jhope ngerasa stres banget disini berusaha pengen keluar

 Dia pingsan sesaat
 Setelah bangun, dia melihat secercah :v harapan buat keluar, dia nginntip
 Ini yang dilihat Jhope

Jhope keluar dari box dan berjalan pelan kedepan lukisan alam
 Berhubungan sama Jimin hmzzzzz

"I Need U - langit adalah biru dan matahari bersinar"
 Jhope ngeluarin makanan dari skau celananya
 Kamvreeett jajan Snikers :V ahh lu beda kalo lagi laper
 Jhope tersenyum tulus dan meninggalkan tempat ini
 Saat Jhope pergi, seketika gambar berubah jadi lukisan ibu yang mangku anaknya /horror ;v/

7. SHORT FILM #7 AWAKE (JIN)
Narasi Leader :''
"Burung perkelahian keluar dari telur
telur adalah dunia
yang akan lahir pertama harus menghancurkan dunia
burung terbang ke Tuhan 

nama  Tuhan itu adalah... adalah ..
Abraxas"

Jin dsini gue nilai hampir mencakup semuanya, kenapa?
Apel yang mau dimakan Jin ? bukankah itu apel Jimin?
Tapi kemudian sama Jin apel itu dibuang
Jin selalu berhubungan dengan kamera
dan disini aneh, kenapa saat dia moto bunga  tapi malah lilin yang mati?
dia mulai merasa aneh dan pergi dari situ
"Kau harus bertahan hidup"
Aku tidak memiliki mimpi
 Jin ngikutin dimana apelnya tadi menggelinding
 Dia masuk kepintu itu
 Perhatiin deh, pintu itu kyk pintu yang dirusak, kenapa gue ngerasa disini V yang ngerusak pintu itu ya? /abaikan/

 Perhatiin bunga lili nya,  disitu cuma ada 6 kelopak doang
 Jin membakar bunga lili itu
Namun setelah membakarnya , ia malah bermimpi aneh

Akhirnya dia mutusin buat bangun
 ituu.. em.. perhatiin dipojokan antara lemari sama meja, itu ada lukisan yang ada di Short Film #1


Jin merasa terpanggil dilorong ini, jadi dia ngikutin kesini
 Dia ngeliet lukisan burung disini sebentar lalu ditinggal pergi
 Ini foto polaroidnya Jin, yang herannya itu mencakup semua member kan?
Rapmon, V, Jimin, Suga, Jungkook, dan... LIE /?
Ini lirik dari Jin :
"aku tidak percaya itu
Aku hanya sabagai bantalan
karena ini semua bisa aku lakukan
aku ingin tinggal
aku ingin bermimpi lebih
tapi ini saatnya untuk pergi
yeah, itu benar
aku akan penuh dengan bekas luka
tapi itu nasibku
aku masih ingin berjuang
mungkin aku tidak pernah bisa terbang
seperti bunga,  sama seperti jika aku memiliki sayap
mungkin aku tidak akan pernah
mungkin aku tidak bisa menyentuh langit
tetapi aku masih ingin melakukannya dengan tanganku, aku ingin melakukannya
hanya sebentar saja"

inihhh ini apa artinya T_T ya Allah gue buntuu



KESIMPULAN :
Disini semua member adalah Sinclair dan Demian. Saat salah satu menjadi Sinclair, pasangannya akan menjadi Demian. Jin berperan sebagai SInclair dewasa yang sudah tidak bersama Demian. Jin sudah berada di dunia terang keperti keluarganya. Dalam buku Demian dikisahkan bahwa Sinclair menemukan tujuan hidupnya sejak bertemu dengan EVA FRAU EVA yaitu ibu kandung Demian yang memiliki hubungaan dekat dengan Sinclair.

EVA FRAU EVA dalam buku Demian dilambangkan sebagai kesempurnaan. Bisa disimpulkan Frau Eva adalah dunia terang yang digambarkan secara nyata dibuku sebagai seorang ibu.
Abraxas? Abraxas di buku Demian diibaratkan sebagai God. Demian menuntut Sinclair pada Abraxas. Jika Sinclair salah mengambil jalan dia akan menemui Abraxas pemilik dunia gelap, tapi jika Sinclair benar dalam mengambil jalan dia akan menemui Abraxas sebagai pemilik dunia terang.

Intinya BTS ingin memberi pesan bahwa mereka walaupun ber7 adalah satu kesatuan yaitu seorang anak muda yang mencari jati dirinya. Terhura gue bang :')

Yaaah gilsssssssssssssssssss
sumpah gue capek pake banget buat ini, entah bener apa enggak teori nya, penting gue share wkwk
gue siap jadi bahan uneg-uneg kalian yang stres karna teori nya bang PD Nim yang vangsat :'v

yang ada teori atau tambahan atau kritik silahkan berbaper ria di kolom komentar ya :v gue siap ikutan stres bareng kalian kok :'' hikkseeuu
kalo ada yang salah atau kurang.. umm mianhae :(
ini gue buat tiap malem, dan 3 malem baru kelar, inipun tengah malem :(
tolong hargai ya ^^

pyoongg!!




5 komentar:

  1. Ngomong ngomong sama jati diri, BTS itu kayak anak muda yang nyari jati diri dan keluar dari masa-masa anak-anak, gue udah beli buku DEMIAN dan mecahin teory-nya, mirip-mirip gitu sama ini. Tapi ada kesimpulan lain yang gue dapet yaitu mereka dalah Sinclair yang nyari jati diri, mirip sama di MV Fire, kesimuplan dari MV Fire itu BTS yang nyari jati diri. Dan ini berhubungan juga sama MV Young Forever.

    BalasHapus
  2. keren banget kak teorinya .. sumpah merinding, kalau jadi film saya rasa keren dengan alur maju mundur gitu

    BalasHapus
  3. bagus banget teori nya kak
    kagum banget kak bisa nyimpulkan teori inii
    hebattt sihhh

    BalasHapus
  4. Menakjubkan saya sedang mengumpulkan bahan untuk menyempurnakan cerita yang sedang saya tulis bolehkan saya meminta izin dari anda untuk menjadikan teori anda ini sebagai sumber saya juga?

    BalasHapus
  5. best extensions for chrome https://browser-addons.com/the-best-google-chrome-extensions-2021/

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.